PROFIL

Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Pontianak berdiri tanggal 09 Agustus 1990 berdasarkan SK Dirjen Dikti Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 0518/O/1990. Latar belakang utama berdirinya Fakultas Teknik UNMUH PONTIANAK adalah sebagai bentuk partisipasi UNMUH PONTIANAK serta mencerdaskan kehidupan umat dan bangsa. Selain itu, sebagai respon UNMUH PONTIANAK terhadap perkembangan dunia ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat dengan tetap mengutamakan nilai-nilai keislaman dalam segala bentuk kegiatannya.

Sebagai fakultas yang berada di bawah naungan UNMUH PONTIANAK yang merupakan salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) dan sekaligus sebagai amal usaha Muhammadiyah, maka Fakultas Teknik UNMUH PONTIANAK dalam segala bentuk kegiatannya baik dalam bidang akademik maupun nonakademik selalu merepresentasikan nilai-nilai ajaran Islam yang mencerminkan kejujuran, keterbukaan, dan kepedulian terhadap kebutuhan masyarakat pengguna (stakeholders).

Pada awal berdirinya, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Pontianak memiliki satu program studi yaitu Program Studi Teknik Mesin yang berdiri berdasarkan SK Pendirian Nomor : 0518/O/1990 tertanggal 09 Agustus 1990 dengan Status Terdaftar. Penyelenggaraan program studi ini di bawah koordinator Kopertis Wilayah XI Banjarmasin dan pada tahun 2011 telah terakreditasi berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional(BAN) No. 027/BAN-PT/Ak-XIV/S1/IX/2011Tahun 2011.

Perjalanan pendidikan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Pontianak terus berupaya menciptakan mutu kualitas Sumber Daya Manusia khususnya di Kalimantan Barat yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan dunia pekerjaan, sehingga pada tahun 2016 Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Pontianak membuka program studi baru yaitu Program Studi Teknik Informatika.

Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Pontianak dipimpin oleh seorang Dekan yang bertanggung jawab terhadap pimpinan fakultas. Berdasarkan acuan RENSTRA fakultas telah menetapkan visi program studi teknik mesin yaitu Fakultas Teknik tahun 2020 menjadi terkemuka dalam pengembangan IPTEKS yang handal dan tanggap terhadap perkembangan global dan lokal. Visi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Pontianak menjadi arah seluruh kegiatan akademik program studi, baik itu Program Studi Teknik Mesin maupun Program Studi Teknik Informatika, sehingga dapat menghasilkan lulusan profesional, bermoral dan mampu bersaing di era globalisasi. Visi ini dilengkapi dengan misi dan tujuan serta sejumlah sasaran yang menjadi hendak di capai oleh Fakultas Teknik dengan berhubungan dengan teknik mesin, teknik informatika dan dunia kerja.


Jejaring Sosial

Kontak

Jl. Jenderal Ahmad Yani No.111, Bansir Darat, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat
  Telepon
(0561) 764571/ +6285652066636
  Email
[email protected]

© 2016 - ICT UNMUH PONTIANAK