EMISI BORNEO 01 MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UM PONTIANAK

Dalam Berita
20 December 2017   JUKI   936 Kali

Inilah kendaraan hemat energi. Sebuah mobil, karya Mahasiswa Fakultas Teknik  Universitas Muhammadiyah Pontianak yang menurut rencana akan diikutkan di ajang  bergengsi tingkat internasional di…

Inilah kendaraan hemat energi. Sebuah mobil, karya Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Pontianak yang menurut rencana akan diikutkan di ajang bergengsi tingkat internasional di singapura, bulan Maret mendatang. Dengan menggunakan bahan seadanya, inovasi dibidang transportasi ini mampu meghasilkan kinerja mesin lebih optimal yang hemat bahan bakar. Teknik yang diterapkan untuk hemat energi diantaranya dengan meminimalisir penggunaan kelistrikan. Dengan mengganti motor penggerak injeksi. Dengan botol bertekanan untuk menggerakkan injeksi bahan bakar. Teknik lain yaitu sisi perancangan sasis yang menggunakan bahan-bahan lebih ringan sehingga mengoptimalkan tenaga yang dihasilkan.

jadi kelebihannya, kita kan ada sekitar 30 tim seluruh asia yang mengikuti kompetisi ini dengan mobil yang sama dengan bahan bakar bensin. Kelebihannya kita mungkin secara control irondinasmisnya dari sisi body kemudian dari sisi sasis kita menggunakan material yang cenderung lebih ringan. Artinya apa? Dengan ringannya sasis tersebut, mungkin kerja dari, kinerja sasis tidak terlalu berat. Untuk menggerakkan mobil itu sendiri. Ungkap Arda Agam Tamtomo selaku Manager Tim.

Dalam proyek yang dikerjakan ini,  tim memenuhi prototipe dengan menggunakan mesin sepeda motor supra berkapasitas 125 cc injeksi. Dengan jarak tempuh normal 20 Km/liter. Dengan rancangan ini mereka berharap, kinerjanya bisa mencapai angka maksimal yang diharapkan, yaitu mencapai 200 Km/liter bahan bakar. Sejauh ini rancangan yang diberni nama Emisi Boreno 01 ini, memang belum maksimal sebab masih ada beberapa bagian komponen yang harus disempurnakan. Diharapkan rancangan ini bisa selesai tepat waktu. Sebelum waktu keberangkatan yang menurut rencana bulan februari mendatang.

Sumber : Kompas TV Pontianak

tonto yuk videonya di sini.

P R O D I
  Program Studi
R S S
Tracer Alumni UNMUH Pontianak

Jejaring Sosial

Kontak

Jl. Jenderal Ahmad Yani No.111, Bansir Darat, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat
  Telepon
(0561) 764571/ +6285652066636
  Email
fatek@unmuhpnk.ac.id

© 2016 - ICT UNMUH PONTIANAK