LOKAKARYA KURIKULUM TEKNIK INFORMATIKA

Dalam Berita
07 February 2017   JUKI   367 Kali

    PONTIANAK,  Pemerintah telah menerbitkan Perpres No.08 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dalam upaya melakukan kualifikasi terhadap…

    

PONTIANAK,  Pemerintah telah menerbitkan Perpres No.08 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dalam upaya melakukan kualifikasi terhadap lulusan perguruan tinggi di Indonesia. KKNI menjadi acuan dalam penyusunan capaian pembelajaran lulusan dari setiap jenjang pendidikan secara nasional. Terbitnya Perpres No.08 tahun 2012 telah berdampak pada kurikulum dan pengelolaannya di setiap program. Kurikulum yang semula mengacu pada pencapaian kompetensi, menjadi mengacu pada capaian pembelajaran (learning outcomes).

Terkait dengan kebijakan tersebut, program studi teknik informatika UM Pontianak menyelanggarakan  seminar dan lokakarya kurikulum berbasis KKNI di kampus UM Pontianak (selasa, 31 januari 2017). Acara lokakarya dibuka secara resmi oleh rektor UM Pontianak Helman Fachri, SE,MM dan dihadiri oleh Wakil Rektor I Ir.Rachimi,M.Si, Dekan Fakultas Teknik Fuazen, S.T.,M.T, Ketua Program Studi Teknik Informatika Yulrio Brianorman, S.Si.,M.T, Pimpinan-pimpinan Fakultas UM Pontianak, Tim perumus kurikulum Teknik Informatika UM Pontianak, Dosen Luar dan Dosen Tetap teknik informatika UM Pontianak, serta Mahasiswa Teknik Informatika UM Pontianak. Narasumber yang mengisi acara seminar dan lokakarya ini antara lain adalah :  Prof, Dr-Ing. Adang Suhendra, S.Si.,S.Kom.,M.Sc selaku pembicara utama, Dr. Arif  Bijaksana Putra Negara, S.T.,M.T, selaku narasumber kedua yang berbicara tentang kurikulum berbasis KKNI dan Hajon Mahdi Mahmudin, S.Kom selaku stakeholder.

Rektor UM Pontianak, Helman Fachri, SE,MM dalam sambutannya berharap lokakarya kurikulum ini dapat memberikan solusi bagi Program Studi Teknik Informatika dalam menyusun kurikulum yang mengacu pada KKNI serta sesuai dengan perkembangan dunia IT, mengingat perkembangan dunia IT yang begitu cepat. Rektor juga menekankan perlu adanya sertifikasi untuk mendukung kompetensi lulusan Teknik Informatika UM Pontianak di dunia kerja.

Sesi pertama dalam seminar dan lokakarya ini diisi oleh Prof, Dr-Ing. Adang Suhendra, S.Si.,S.Kom.,M.Sc yang memberikan masukan pengembangan kurikulum Teknik Informatika UM Pontianak. Beliau memaparkan bahwa kurikulum sangat erat kaitannya dengan visi dan misi program studi. Kurikulum yang disusun harus sesuai dengan visi misi program studi, sedangkan visi dan misi tidak harus selalu dalam skala nasional maupun internasional, namun visi misi juga bisa mengangkat keunggulan atau ciri khas daerah sehingga nantinya kurikulum dapat disesuaikan dengan kebutuhan daerah. Beliau juga memaparkan bahwa dengan adanya KKNI ini akan mengubah cara melihat kompetensi lulusan, tidak lagi semata ijazah tapi dengan melihat kepada kerangka kualifikasi yang disepakati secara nasional sebagai dasar pengakuan terhadap hasil pendidikan mahasiswa secara luas, tidak hanya mengacu pada pendidikan formal, tetapi juga pelatihan yang didapat di luar pendidikan formal, pembelajaran mandiri, dan pengalaman kerja.

Sesi kedua diisi oleh Dr. Arif  Bijaksana Putra Negara, S.T.,M.T. yang memaparkan tentang perancangan kurikulum teknik informatika berbasis KKNI. Pada sesi kedua ini dijelaskan tahapan-tahapan bagaimana menyusun kurikulum yang sesuai dengan profil lulusan yang diharapkan.

Penyusunan kurikulum juga perlu memperhatikan kebutuhan stakeholder agar lulusan-lulusan Teknik Informatika UM Pontianak siap menghadapi kebutuhan dunia kerja. Hajon Mahdi Mahmudin, S.Kom yang merupakan CEO “Delapan Bit” yang juga seorang Analis Sistem untuk pekerjaan Sistem Informasi dan Komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan, memberikan penjelasan dan prospek kerja lulusan Teknik Informatika di dunia dan khususnya Pontianak. Beliau juga memaparkan skill apa yang perlu dikuasai para lulusan Teknik Informatika untuk menghadapi dunia kerja. (Sumber: unmuhpnk.ac.id).


P R O D I
  Program Studi
R S S
Tracer Alumni UNMUH Pontianak

Jejaring Sosial

Kontak

Jl. Jenderal Ahmad Yani No.111, Bansir Darat, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat
  Telepon
(0561) 764571/ +6285652066636
  Email
fatek@unmuhpnk.ac.id

© 2016 - ICT UNMUH PONTIANAK