Audiensi Dekan Fakultas Teknik dengan Assisten III Kabupten Ketapang

Dalam Berita
31 January 2017   JUKI   278 Kali

Perguruan Tinggi merupakan  lembaga yang sangat strategis dalam mendorong percepatan pembangunan  masyarakat. Sejumlah keunggulan yang dimilikinya seperti sumber daya manusia,  perangkat kelembagaan…

Perguruan Tinggi merupakan lembaga yang sangat strategis dalam mendorong percepatan pembangunan masyarakat. Sejumlah keunggulan yang dimilikinya seperti sumber daya manusia, perangkat kelembagaan yang mapan, kemampuan riset dan kajian. Perguruan tinggi seyogiyanya berperan sebagai agen pembangunan. Perguruan Tinggi di daerah harus mengambil peran dalam pembangunan baik skala regional maupun skala nasional. bahkan perguruan tinggi di daerah menjadi salah satu pusat keunggulan (center of exellence).

Konteks pembangunan di daerah, beberapa hal yang perlu diperankan oleh Perguruan tinggi:Pertama, membangun sumber daya manusia daerah yang berkualitas dengan meningkatkan dan memperkuat basis pendidikan masyarakat.Kedua, mengadakan studi-studi kebijakan untuk disumbangkan kepada pemerintah daerah, sehingga memudahkan dalam menentukan prioritas program pembangunan berdasarkan kebutuhan daerah juga membuat studi-studi evaluatif dalam upaya perbaikan program pembangunan, peningkatan efisiensi dan efektivitas program.

Ketiga,mengembangkan model-model pembangunan daerah dengan mempertimbangkan sektor-sektor unggulan, yang diangkat dan dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah dan masyarakat. Model-model pembangunan tersebut diperlukan terutama untuk merumuskan program yang relevan dengan kondisi lokal masyarakat setempat.

Perguruan Tinggi mampu mengerahkan dan menggerakkan partisipasi masyarakat, melalui kegiatan-kegiatan dalam rangka Tri Dharma Perguruan Tinggi. Partisipasi masyarakat dapat dikembangkan melalui lembaga-lembaga swadaya yang dimotivasi dan diprakarsai oleh Perguruan Tinggi yang melibatkan dosen dan mahasiswa baik dalam bentuk pengabdian masyarakat maupun penelitian. Hal itulah yang ditawarkan UM Pontianak saat audiensi dengan Assisten III Bagian Pembangunan Kabupten Ketapang. Pemda Ketapang pun menyambut baik dengan menawarkan kerjasama antara lain pemberdayaan masyarakat pesisir khususnya bidang kesehatan, pendidikan Vokasional, pemanfaatan sumber daya alam, Budidaya Perairan, pantai dan lain-lain. (Sumber: unmuhpnk.ac.id)

Jejaring Sosial

Kontak

Jl. Jenderal Ahmad Yani No.111, Bansir Darat, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat
  Telepon
(0561) 764571/ +6285652066636
  Email
[email protected]

© 2016 - ICT UNMUH PONTIANAK